Jaringan Komputer I

Apa itu jaringan?

Sebuah jaringan lebih dari sekedar pertukaran data antara dua atau beberapa komputer yang terhubung oleh kabel (atau koneksi radio). Sehingga antar kedua komputer tersebut bisa ada pertukaran komunikasi. Ini karena komputer sendiri bisa melakukan pertukaran data melalui jaringan. Misalnya melalui penyalinan data ke disket, CD RW, atau flashdisk. Kemudian membawa media tersebut di komputer lain, dan kemudian mengakses data tersebut di komputer baru kemudian menyalinnya untuk mentransfer komunikasi.

Kendala dari metode seperti itu adalah data yang di transfer hanya bisa sedikit, selain itu memakan waktu yang lama, dan tidak efisien. Karena itulah jaringan komputer sangat diperlukan.

Kamu bisa mmbuat jaringan komputer dengan cara menyambungkan semua komputer menggunakan kabel melalui antarmuka jaringan komputer. Antarmuka ini berupa sirkuit elektronik yang berada di dalam komputer kamu dan memiliki jack khusus di belakang komputer atau laptop kamu. Antarmuka ini sering disebut network adapter.

Kemudian kamu perlu menginstal sistem operasi yang mendukung jaringan di komputer kamu. Maka otomatis, kamu akan memiliki jaringan komputer. Hampir semua sistem operasi modern mendukung jaringan komputer.



Jika kamu tidak mau repot dengan kabel , kamu bis amembuat jaringan non kabel atau istilahnya wireless. Di jainga wireless tiap koputer dilengkapi dengan network adapter khusus yang memiliki antena yang cukup pendek. Dengan network adapter ini, komputer komputer dalam jaringan bisa berkomunikasi satu dengan yang lainnya tanpa perlu adanya kabel.




Gambar diatas menunjukkan jaringan komputer standar dengan beberapa komputer. Kamu dapat melihat bahwa komputer-komputer tersebut dihubungkan oleh kabel ke komponen kotak yang disebut Hub. Hub ini adalah komponen sentral dalam pembuatan hubungan.



Dalam jaringan juga sering kali ada perangkat non PC, seperti printer yang terhubung ke dalamnya. Dengan mengunakan jaringan, semua orang yang tergabung ke jaringan bisa mengakses perangkat tersebut. Ini tentu menghemat uang.



Sebenarnya menyeting jaringan komputer bisa dibilang sedikit merepotkan. Tapi kenapa banyak orang mau repot membuat jaringan? Ini karena banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari membuat jaringan komputer.  
Previous
Next Post »