Windows ME

Haiii reader...
Nahh kalo kali ini mau posting tentang windows, tapi yg sekarang tentang windows ME, yukk mari pahamii....



Sejarah Windows ME

Pada bulan September 2000, Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition . Versi ini memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini juga memasukkan fitur “System Restore,” yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan. Fitur-fitur yang terdapat di dalam Windows Me (seperti Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1) bahkan bisa diperoleh secara gratis dari situs Windows Update, kecuali System Restore. Hasilnya, Windows Me pun tidak dianggap sebagai sebuah sistem operasi yang unik di antara saudara-saudaranya dari keluarga Windows 9x, Windows 95 dan Windows 98.  Windows Me juga dikritik karena munculnya masalah kestabilan, dan juga dukungan terhadap MS-DOS yang berjalan di dalam modus real. Orang-orang bahkan menyebut Windows Me sebagai Windows Mistake Edition.


Windows Me, Windows ME, atau Windows Millennium Edition adalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya, Windows 98. Windows sendiri adalah sistem operasi buatan Microsoft Corporation. Seperti versi Windows sebelumnya, Windows Me merupakan sistem operasi transisi antara 16-bit ke 32-bit, sehingga semua program 16-bit dan 32-bit dapat didukung dengan baik.

Ada 3 versi beta dari Windows Me yang tersedia selama perkembangannya. Pada tanggal 24 September 1999, Microsoft mengumumkan bahwa Windows Millennium Beta 1 dirilis. Windows Millennium Beta 2 dirilis pada tanggal 24 November 1999 dengan menambahkan beberapa fitur baru seperti “System File Protection” dan “Game Options Control Panel”. Beberapa firmware dirilis antara Beta 1 dan 2 dan menambahkan fitur seperti update otomatis dan “personalized menu”. Beta 3 dirilis pada tanggal 11 April 2000. Microsoft mengakhiri dukungan utama untuk Windows Millennium Edition pada tanggal 11 Juli 2006.


Fitur - Fitur Windows ME

  • Windows Image Acquisition
Windows Me memperkenalkan Windows Image Acquisition yang memungkinkan aplikasi Windows mudah dihubungkan dengan perangkat seperti kamera digital dan scanner. WIA (Windows Image Acquisition) dimaksudkan untuk memperbaiki pengaturan dan antarmuka pengguna untuk berinteraksi dengan scanner dan perangkat lainnya.
  • Windows Movie Maker
Program ini didasarkan pada Direct Show dan Windows media. Dari namanya saja kita tahu bahwa fungsi program ini adalah membuat, mengedit video dan membuat DVD video.
  • Windows media player 7
Aplikasi Windows ini menawarkan banyak fitur dan kemampuan baru dibandingkan dengan versi sebelumnya. Seperti panduan dan tersedianya fasilitas Radio, sehingga kita dapat mendengarkan siaran radio dari internet. Selain itu, tampilannya bisa kita modifikasi, sehingga memudahkan pengguna dalam mengelola Windows Media Player.
  • Image Preview
Pada Windows me gambar dapat dilihat dengan menggunakan utiliti Image Preview. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat foto, gambar, sebelum mencetak ke printer. format file yang didukung oleh image Preview adalah .bmp ; .dib ; .emf ; .gif ; .jpeg ; .png ; .tiff ; dan .wmf
  • System Restore
Windows Me memperkenalkan “SYSTEM RESTORE”, yang berfungsi sebagai penyelamat sistem windows apabila terjadi masalah yang tidak diinginkan, seperti error. System Restore akan mengembalikan kondisi sebelum windows mengalami masalah. System restore hanya melindungi sistem windows, bukan dokumen dan file.
  • Automatic Update
Aplikasi ini sangat bermamfaat untuk pengguna karena secara otomatis Windows mendownload dan menginstal update yang dianggap penting. Update ini berfungsi sebagai “PATCH” atau tambalan apabila sistem menemukan bug atau cacat.


Kelebihan Windows ME

  • Fitur untuk menonaktifkan 'Drag and Drop' pada Tasbar dan Start Menu.
  • Update pada multimedia control panel dan dukungan untuk icon high color 16-bit pada area notifikasi.
  • Dukungan untuk hardware seperti peningkatan pada power management, USB, USB Printer dan FireWire.
  • Software multimedia serta peningkatan fitur seperti Windows Media Player 7, Windows DVD Player, Windows Movie Maker, Image Preview dan Games.
  • Dalam segi Networking, Microsoft menambahan fitur Net Crawling, New TCP/IP Stack dan Universal Plug and Play.
  • Fitur untuk sistem seperti System Configuration Utility, System Monitor, SCANDISK, dan Automatic Updates.

Kekurangan Windows ME

Adapun kekurangan Windows ME adalah penghapusan  fitur “Real Mode DOS” dengan tujuan agar perfoma booting pada Windows ME menjadi semakin cepat. Beberapa fitur seperti Automated Instalation, Active Directory Client services, System Policy Editor, Personal Web Server dan ASP tidak didukung oleh Windows ME. Fitur-fitur lain yang dihapus dari Windows ME diantaranya adalah Microsoft Fax, QuickView dan DriveSpace.




Previous
Next Post »