CSMA

Haii reader...
Tengah malem mumpung inget posting-posting tugas laahh sebelum mepet waktu ngumpulinnya, naaahh kali ini mau bahas tentang gimanasih metode pengiriman data itu dilakukan untuk mengirim data seperti mendownload dari server ke komputer kita ataupun kita melakukan transfer data tersebut, berhubung anak tkj mah kudu dicari tauu, udahlah yukkk kita pahami....

Sebelum kita tau metodenya, mending kenalan dulu nih sama CSMA????

Carrier Sense Multiple Access (CSMA)


Sebuah konsep yang telah dibangun dari ALOHA (konsep pertama pengiriman data juga), dimana pada konsep sebelumnya (ALOHA) kita mengirim file hanya mengirim saja tidak melakukan pengecekan pada komputer tujuan, sedangkan pada CSMA, konsep ini menekankan pengecekan dahulu sebelum mengirim dengan memberikan sinyal / pemberitahuan bahwa paket akan dikirim. Nah CSMA juga masih ada kelemahannya, oleh karenanya CSMA dikembangkan dan menjadi 2 yaitu CSMA CD dan CSMA CA.

1. Carrier Sense Multiple Access Collision Detection (CSMA CD)


Konsep CSMA CD ini menekankan jika pada saat pengiriman terjadi tabrakan maka akan mengirim ulang dengan waktu yang sudah dirandom untuk mencegah situasi yang sama. Jadi sebelum mengirim komputer akan mengecek pada jalur apakah ada pengiriman , jika tidak maka akan dilakukan pengiriman, masalahnya itu terkadang pada saat pengecekan kosong namun pada saat mengirimkan ternyata ada juga yang mengirim pada saat waktu yang bersamaan hingga terjadi tabrakan dan file rusak. Ketika file rusak maka akan dilakukan pengiriman ulang dengan waktu random yang telah diatur untuk mengurangi kemungkinan tabrakan lagi.


CSMA/CD dapat dikatakan sebagai teknik random access. Artinya tidak ada rencana (schedule) dari node-node yang akan mengirim data. Transmisi data akan dilakukan secara spontan. CSMA/CD memiliki ciri sebagai berikut :
  • Carrier Sense yaitu Sebelum melakukan transmisi data (dalam bentuk frame), node dapat merasakan (sense) apakah media network sedang digunakan atau tidak. Jika sedang idle (tidak digunakan) maka transmisi data dapat segera dilakukan.

  • Multiple Access yaitu Media trasmisi dapat diakses oleh banyak node. Setiap node dapatmengirim dan menerima data. Setiap node mendapat kesempatan yang sama untuk dapat melakukan transmisi data setiap saat. Tidak ada node yang mendapat prioritas lebih tinggi. Jika sebuah node mengirim data ke salah satu node, maka node-node yang lain juga akan menerima data tersebut.
  • Collision yaitu Suatu kondisi yang terjadi bila dua buah device mengirim data pada saat yang bersamaan. Akibat dari kejadian ini adalah hilangnya data.
  • Collision Detection yaitu Dapat mendeteksi terjadinya collision atau tabrakan frame. Saat dua buah node atau lebih mengirim frame bersamaan maka akan terjadi tabrakan yang dapat merusak frame tersebut. Hal ini akan menyebabkan data yang diterima menjadi tidak sempurna. Node pengirim dapat mendeteksi terjadinya tabrakan dan kemudian mengirim sebuah sinyal jam/kemacetan (berukuran 32 bit) untuk memberitahu node lainnya agar berhenti melakukan transmisi frame.


2. Carrier Sense Multiple Access Collision Avoidance (CSMA CA)


CSMA / CA dalam jaringan komputer adalah jaringan nirkabel beberapa metode akses yang membawa penginderaan skema digunakan. Apabila sebuah node ingin mengirimkan data harus terlebih dahulu melihat waktu saluran untuk jumlah yang telah ditetapkan untuk menentukan ya atau tidak node lain bertransmisi pada saluran yang sama dalam jangkauan nirkabel. Jika saluran tersebut sudah tidak bekerja, maka node diijinkan untuk memulai proses transmisi. Jika saluran tersebut sudah dirasakan masih sibuk, maka node transmisi untuk jangka waktu yang acak ditangguhkan. Setelah proses transmisi dimulai, masih dimungkinkan untuk transmisi data aktual aplikasi untuk tidak terjadi.

Dengan metode ini, sebuah node jaringan yang akan mengirim data ke node tujuan pertama-tama akan memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh node lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka node tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian. Menghindari tabrakan digunakan untuk meningkatkan kinerja dari metode CSMA dengan mencoba untuk membagi saluran agak merata di antara semua node transmisi dalam domain tabrakan.



Jadi, apabila pada CSMA/CD ada proses pendeteksian collision, maka pada CSMA/CA tidak ada dan metode ini dapat mencegah terjadinya collision. Berikut ini beberapa ciri CSMA/CA :
  • Carrier Sense yaitu Sebelum melakukan transmisi data (dalam bentuk frame), node dapat merasakan (sense) apakah media network sedang digunakan atau tidak. Jika sedang idle (tidak digunakan) maka transmisi data dapat segera dilakukan.
  • Multiple Access yaitu Media trasmisi dapat diakses oleh banyak node. Setiap node dapatmengirim dan menerima data. Setiap node mendapat kesempatan yang sama untuk dapat melakukan transmisi data setiap saat. Tidak ada node yang mendapat prioritas lebih tinggi. Jika sebuah node mengirim data ke salah satu node, maka node-node yang lain juga akan menerima data tersebut.
  • Collision Avoidance yaitu Sebelum melakukan transmisi data, node akan mengirim frame bernama intent sebagai pemberitahuan kepada node lain bahwa sebentar lagi data akan dikirim. Node lain yang merasakan kehadiran intent akan menunggu hingga seluruh data selesai dikirim oleh node pengirim. Setelah media tidak digunakan, barulah node lainnya diijinkan untuk mengirim data. Jadi setiap pengiriman data akan selalu dimulai dengan pengiriman intent. Sehingga tidak akan pernah terjadi collision.


SEMOGA BERMANFAAT^^






Previous
Next Post »