Perluasan dan Penyempitan Makna

Hello reader..
Mau posting-posting pelajaran Bhs. Indonesia nih, tentang perluasan dan penyempitan makna, yuk disimak dengan baik supaya paham....


A. Penyempitan Makna

Menurut Chaer, yang dimaksud dengan perubahan menyempit adalah gejala yang terjadi pada sebuah kata yang pada mulanya mempunyai makna yang cukup luas, kemudian berubah menjadi terbatas hanya pada sebuah makna saja. Selanjutnya, menurut Tarigan, proses spesialisasi atau pengkhususan penyempitan mengacu kepada suatu perubahan yang mengakibatkan makna kata menjadi lebih khusus atau lebih sempit dalam aplikasinya. Sedangkan, menurut Sudaryat, spesifikasi atau penyempitan makna adalah proses perubahan makna kata dari makna yang baik (tinggi) menjadi makna yang khusus (sempit).
Sebuah kata dikatakan mengalami penyempitan makna jika cakupan arti dulu lebih luas daripada arti sekarang.

Misalnya :
a. sarjana
dulu orang menyebut sarjana untuk tiap orang pandai, tetapi sekarang sarjana hanya diberikan atau digunakan untuk menyebut gelar universitas.

b. pendeta
dulu pendeta berarti orang yang berilmu, sekarang dipakai untuk menyebut guru agama Kristen.



B. Perluasan Makna

Makna meluas adalah gejala yang terjadi pada sebuah kata atau leksem yang pada mulanya hanya memiliki sebuah makna, tetapi kemudian karena berbagai faktor menjadi memiliki makna-makna lain. Kemudian, menurut Tarigan, generalisasi atau perluasan adalah suatu proses perubahan makna kata dari yang lebih khusus kepada yang lebih umum, atau dari yang lebih sempit kepada yang lebih luas. Sedangkan menurut Sudaryat, generalisasi atau perluasan makna adalah proses perubahan makna kata dari makna yang khusus (sempit) menjadi makna yang luas (umum).
Berdasarkan pengamatan, meluasnya komponen makna sebuah kata dapat pula disebabkan oleh rendahnya frekuensi penggunaan sebuah kata. Makna kata yang jarang digunakan ini kemudian dipindahkan kepada bentuk imbangannya yang frekuensi pemakaiannya lebih tinggi. 
Sebuah kata dikatakan mengalami perluasan makna jika cakupan arti sekarang lebih luas daripada arti dulu.

Misalnya :
a. berlayar
dulu digunakan untuk menyebut pengertian bergeerak mengarungi lautan dengan perahu yang menggunakan layar atau kapal layar, tetapi sekarang untuk menyebut mengarungi lautan (dengan/tanpa perahu layar).

b. bapak
dulu digunakan untuk menyebut orang yang ada hubungan biologis dengan pembicara, sekarang digunakan untuk siapa saja yang lebih tua/lebih tinggi kedudukannya.

c. saudara
dulu digunakan untuk menyebut kakak/adik, tetapi sekarang digunakan untuk menyebut semua orang yang sederajat dengan kita.

d. putra/putri
dulu digunakan untuk menyebut anak raja, sekarang dipakai untuk menyebut anak siapa saja.

SEMOGA BERMANFAAT^^

Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
March 26, 2016 at 6:29 AM ×

aplikasi windows 10

Congrats bro aplikasi windows 10 you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar