Jaringan Komputer II

Hello reader...
I'm come back! Nah, sekarang mau posting-posting tentang prinsip yang ada di jaringan komputer, yuk mariiii......



Pada prinsipnya, ada tiga hal yang dibagi di jaringan komputer, yaitu : File, Resource, dan Program.

1. Mengenal Sharing File
Jaringan komputer memungkinkan kamu berbagi informasi dengan komputer lainnya di jaringan. Kamu bisa melakukan sharing file menggunakan beberapa cara.
Ada banyak cara untuk membagi file dengan komputer lain, misalnya mengirim ke komputer kawan secara langsung, dengan cara menjadikan file tersebut sebagai attachment di pesan email kemudian mengirimkan pesannya.
Atau bisa juga mempersilahkan teman kamu untuk mengakses komputer dan jaringan, sehingga teman kamu bisa mengambil file secara langsung dari hard drive.
Masih ada cara lain juga, yaitu dengan menyalin file ke disk di komputer lain, dan kemudian memberitahukan teman kamu dimana kamu meletakkannya sehingga teman tersebut bisa mengambilnya kemudian.
Dari semua cara tersebut, intinya data berpindah dari satu komputer ke komputer lain melalui kabel internet, dan bukan melalui floppy disk, CDRW, atau Flash drive. Inilah ilustrasi sharing file di jaringan.

2. Mengenal Sharing Resource
Resource atau sumber daya di komputer seperti hard drive atau priter bisa dibagi bersama-sama. Istilahnya satu hardware bisa dipakai beramai-ramai. Misalnya printer yang ditancapkan di salah satu komputer bisa di-sharing sehingga bisa dipakai oleh pengguna komputer lain tidak perlu membuat jaringan yang berbeda.
Hard drive juga adalah resource yang lazim dibagi,. Bahkan kemungkinan besar pasti dibagi, karena kalau kamu membagi file tertentu ke komputer lain, sama saja dengan membagi resource hard disk ini ke komputer lain.
Ini juga membuat berkomputer makin asyik. Karena kamu tetap bisa memanfaatkan komputer lawas dengan kapasitas hard disk yang lebih banyak.
Kamu juga bisa men-share resource lain, seperti koneksi internet. Dengan demikian, cukup satu koneksi internet saja, semua komputer yang terhubung ke jaringan bisa memanfaatkan fasilitas berinternet. Ini sangat lazim dipakai bisnis dan warnet. Termasuk di game online, karena sangat menghemat biaya berinternet.
Bukan sharing internet ini merupakan salah satu sebab banyaknya dibuat jaringan komputer.


3. Mengenal Sharing Program
Jenis sharing ketiga, adalah sharing program. Daripada membuat salinan program di tiap komputer, kamu bisa meletakkan program tersebut dari komputer lain.
Tapi pada umumnya, menjalankan program ter-sharing via jaringan sangat lambat. Umumnya yang di-sharing adalah installer dari program saja. Dan kamu bisa menginstal program ini di tiap hard drive lokal dari komputer.
Salah satu keuntungan adanya master installer di salah satu hard drive adalah kamu tidak perlu kerepotan mencari disk installer atau CD dan memindahkannya di tiap komputer.
Keuntungan lainnya dari jaringan adalah memungkinkan user dari komputer berkomunikasi antar satu dengan lainnya menggunakan jaringan. Misalnya, melalui program email atau instant mesagging.
Network juga menyediakan cara lain untuk bekomunikasi, misalnya kamu bisa mengadakan rapat online via jaringan. Pengguna jaringan yang memiliki webcam juga bisa melakukan video conference. Bahkan sambil bermain game online di waktu rehat.

SEMOGA BERMANFAAT^^
     
Previous
Next Post »