Pra Aksara

Hello reader...
Kali ini mau ngebahas tentang zaman pra-aksara nih, yukk monggo dibacaa.....

PENGERTIAN ZAMAN PRA AKSARA




Masa pra-aksara atau juga disebut juga masa prasejarah. Masa ini merupakan zaman ketika manusia belum mengenal tulisan. Manusia yang hidup pada zaman prasejarah disebut manusia purba. Peradaban manusia mulai brkembang sejak masa purba atau disebut masa pra-aksara. Pra-aksara berasal dari kata "pra" yang artinya sebelum dan "aksara" yang artinya tulisan. Jadi, masa pra-aksara artinya zaman ketika manusia belum mengenal tulisan.


Dalam bahasa Inggris, masa prasejarah disebut "prehistory". Prehistory berasal dari kata "pre" yang artinya sebelum dan "history" yang artinya sejarah. Jadi prehistory artinya sebelum zaman sejarah. Zaman prasejarah disebut juga zaman "nirkela". Nirkela berasal dari kata "nir" rtinya tidak dan "leka" yang berarti tulisan. Jadi zaman nirkela juga berarti zaman ketika manusia tidak mengenal tulisan.

Pada zaman pra-aksara manusia belum meninggalkan bukti-bukti tertulis. Untuk mengetahui kehidupan pada masyarakat di masa pra-aksara, kita dapat melakukan penelitian terhadap benda-benda purbakala yang ditemukan. Misalnya, fosil dan artefak.

Fosil adalah sisa makhluk hidup dan tumbuhan ang telah mematu. Fosil yang dapat memberi petunjuk tentang kehidupan manusia zaman pra-aksara disebut fosil pandu atau "leitfosil". Ilmu yang mempelajari tentang fosil adalan "palaentologi". Sedangkan artefak adalah alat-alat yang digunakan oleh manusia purba untuk memnuhi kebutuhannya. Alat-alat tersebut terbuat dari batu, tulang, duri, maupun logam.

Selain palaentologi, untuk mempelajari zaman prasejarah, para ahli benda purbakala juga menggunakan ilmu lainnya, misalnya Paleantropologi dan Geologi.

Paleantropologi yaitu ilmu yang mempelajari ciri-ciri fisik manusia dari zaman pra-aksara sampai sekarang. Sedangkan geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang lapisan-lapisan tanah. Melalui ilmu ini kita dapat mengetahui umur fosil berdasarkan umur lapisan tanah atau batuan tersebut ditemukannya fosil tersebut.

SEMOGA BERMANFAAT^^
Previous
Next Post »